Cara Bayar Virtual Account Mandiri Untuk Semua Transaksi

Table of Contents
dumados.com »« Saat ini, virtual account jadi salah satu metode pembayaran digital yang sering digunakan. Entah itu saat belanja online, bayar tagihan, dan transaksi lainnya. Salah satunya yaitu dengan cara bayar virtual account Mandiri melalui aplikasi mobile banking Livin by Mandiri.

Beberapa nasabah Mandiri mungkin belum tahu bagaimana cara membayar virtual account lewat m-banking tersebut. Termasuk cara daftar Livin by Mandiri dan aktivasi akunnya. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan secara rinci.

Apa Itu Virtual Account?

Virtual account merupakan metode pembayaran digital melalui akun virtual yang dibuat secara khusus bagi setiap pengguna. Akun tersebut adalah tujuan dari pembayaran setiap transaksi. Hampir semua bank sudah melayani metode pembayaran ini.

Virtual account terdiri atas nomor ID pengguna yang bersifat unik. Maksudnya, tidak akan ada kode yang sama untuk masing-masing pengguna. Tujuannya agar tiap kali transaksi langsung teridentifikasi untuk setiap pelanggan yang berbeda.

Metode pembayaran dengan virtual account ini lebih simpel dibandingkan rekening biasa. Kalau pakai rekening bisa, harus memasukkan nomor tujuan, nominal transfer, dan informasi lainnya secara manual. Selain itu, harus menyerahkan bukti transaksi di akhir proses.

Tapi dengan virtual account, cukup menginput kode yang didapatkan saat melakukan transaksi. Umumnya jumlah pembayaran sudah tercantum secara otomatis dan tinggal konfirmasi. Kamu pun bisa langsung transfer ke nomor rekening virtual tersebut.

Cara Daftar dan Aktivasi Livin by Mandiri

Saat ini hampir semua bank di Indonesia sudah memiliki layanan virtual account. Salah satunya adalah Mandiri. Kamu dapat melakukan pembayaran virtual account dengan lebih mudah lewat mobile banking Livin by Mandiri. Sebelum bayar, perhatikan cara daftar dan aktivasi Livin Mandiri berikut ini:
  • Instal aplikasi Livin by Mandiri.
  • Kemudian pilih Punya Kartu Debit/Kredit Mandiri.
  • Baca Syarat dan Ketentuan.
  • Masukkan nomor rekeningmu dan tanggal kedaluwarsanya.
  • Tulis tanggal lahir, lalu klik Lanjutkan.
  • Pilih kode negara dan tulis nomor HP aktif, kemudian klik Lanjutkan.
  • Baca pop-up peringatan, kemudian klik Kirim SMS.
  • Cek SMS berisi kode OTP dan tuliskan.
  • Kalau sudah, tekan Buat Password.
  • Buat dan konfirmasi kata sandi, selanjutnya klik Lanjut.
  • Berikutnya klik Buat PIN.
  • Buat yang baru dan konfirmasi
  • Kalah semua sudah selesai, tekan Lanjut.
  • Terakhir, masukkan PIN kartu debit/kredit milikmu.
  • Sekarang kamu bisa mengakses aplikasi Livin by Mandiri.

Cara Bayar Virtual Account Mandiri

Cara Bayar Virtual Account Mandiri

Kamu sudah punya akun Livin by Mandiri. Sekarang, pahami bagaimana cara bayar virtual account Mandiri. Kenapa harus lewat aplikasi Livin? Karena lebih mudah dan dapat dilakukan di mana saja.

Cara ini berlaku untuk semua transaksi. Tapi berikut ini akan dicontohkan membayar virtual account saat belanja di Tokopedia. Untuk transaksi lain tinggal disesuaikan. Beginilah langkah-langkahnya:

1. Pilih Menu Bayar


Pastikan kamu sudah login ke aplikasi Livin by Mandiri. Setelah halaman awal aplikasinya terbuka, pilih layanan Bayar.

2. Cari Penyedia Jasa

Untuk pembayaran virtual account Mandiri itu berbeda dari bank lain. Di aplikasi Livin, kamu harus cari penyedia jasanya dulu. Beginilah caranya:
  • Ketuk kolom pencarian ini.
  • Karena tadi mau bayar pesanan Tokopedia, maka masukkan nama Tokopedia.
  • Kemudian pilih hasil yang muncul dengan kode 88708.

Semisal kamu ingin bayar tiket Traveloka, maka cari nama penyedia Traveloka Indonesia. Atau bayar WiFi, cari IndiHome atau provider lain. Berlaku juga untuk transaksi yang lain, tinggal disesuaikan.

3. Masukkan Nomor Virtual Account


Setelah memilih penyedia jasanya, masukkan virtual account yang kamu dapatkan dari Tokopedia. Pastikan nomornya benar, kemudian klik Lanjutkan.

4. Cek Detail Pembayaran


Pada halaman selanjutnya akan muncul nominal yang harus kamu bayar. Detail tersebut muncul secara otomatis dan tidak perlu diinput manual. Selain itu, ada informasi juga sumber rekening Mandiri milikmu. Pastikan saldonya cukup untuk bayar, lalu klik Lanjutkan.

5. Konfirmasi Pembayaran


Berikutnya juga ditampilkan detail pembayaran lebih rinci. Kamu bisa cek nomor virtual account dan namanya. Pastikan data tersebut sudah benar. Lalu, lanjutkan dengan klik Lanjut Bayar.

6. Masukkan PIN Livin by Mandiri


Inilah langkah yang terakhir. Untuk menyelesaikan pembayaran, masukkan PIN Livin by Mandiri milikmu. Ingat, ya, ini PIN Livin bukan PIN rekening. Setelah selesai, kamu akan dapat bukti jika pembayaran berhasil.

Begitulah cara bayar virtual account Mandiri yang simpel dan mudah. Agar bisa bayar dari mana pun, lakukan saja lewat aplikasi Livin by Mandiri. Cara daftar mobile banking ini sudah diterangkan di atas.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment