Cara Bayar Menggunakan ShopeePay Untuk Semua Transaksi

Table of Contents
dumados.com »« Shopee merupakan salah satu platform belanja online yang masih diandalkan hingga saat ini. Marketplace tersebut punya layanan dompet digital sendiri bernama ShopeePay. Cara bayar menggunakan ShopeePay tentunya lebih praktis, sebab bisa dilakukan di mana saja.

Fitur ShopeePay otomatis akan muncul ketika kamu membuat akun di aplikasi Shopee. Tapi perlu diaktivasi terlebih dahulu dengan membuat kode keamanan. Di samping itu, jangan lupa top up saldo ShopeePay agar bisa digunakan untuk bayar transaksi di Shopee.

Dengan ShopeePay kamu dapat bertransaksi apa saja. Tidak hanya untuk belanja barang yang memiliki bentuk fisik saja. Tapi juga memesan produk digital, bayar tagihan, dan lain-lain. Berikut ini cara menggunakan metode pembayaran pakai ShopeePay.

Cara Bayar Menggunakan ShopeePay

Cara Bayar Menggunakan ShopeePay

Pembayaran dengan ShopeePay tidak terbatas untuk barang tertentu saja. Misalkan kamu ingin beli pulsa dan bayar tagihan listrik lewat Shopee, bisa memakai metode pembayaran tersebut. Tentunya dengan syarat saldo cukup dipakai bayar.

Menggunakan ShopeePay pun dinilai lebih praktis. Tidak perlu beralih ke aplikasi lain untuk transfer uang atau apa pun itu. Sekali kamu klik, maka pesanan terbayarkan. Agar lebih jelas, perhatikan caranya berikut ini mulai dari awal sampai akhir.

1. Cari Produk yang Ingin Dipesan di Shopee


Langkah yang pertama, kamu harus tentukan dulu ingin beli apa di Shopee? Seperti yang disebutkan bahwa di sini juga ada produk digital. Tapi di sini dicontohkan hendak beli barang fisik saja. Jadi, ketuk kolom pencarian yang ada di atas.

2. Masukkan Kata Kunci Pencarian


Setelah itu, tuliskan nama barang yang akan kamu beli. Disarankan untuk menuliskan sekaligus dengan nama brand-nya agar hasil yang ditampilkan nanti lebih spesifik. Contohnya di sini mencari “celak kajal hitam.” Celak adalah jenis barangnya, Kajal merupakan brand-nya, dan hitam jadi sifat dari barang tersebut.

3. Pilih Barang dari Hasil Pencarian


Selanjutnya, Shopee akan menampilkan hasil barang-barang sesuai dengan yang kamu input tadi. Berdasarkan hasil pencarian, di sini ada berbagai produk celak dari Kajal yang memiliki warna hitam. Kamu tinggal pilih sesuai keperluan. Ketuk barang yang hendak dibeli.

4. Baca Deskripsi Barang dan Lakukan Pembelian


Setelah kamu memilih barangnya, akan terbuka halaman deskripsi. Baca-baca dulu bagaimana spesifikasinya. Di samping itu, baca juga review dari para pembeli apakah produk itu bagus, bagaimana respon toko, dan lain-lain.

Apabila belum yakin untuk membeli, bisa menambahkan produk ke keranjang dulu dengan klik ikon troli. Kemudian kamu dapat mencari barang yang lain. Tapi jika ingin memesannya saat itu juga, ketuk Beli Sekarang.

5. Tentukan Jumlah Pembelian


Berikutnya, tentukan banyak barang yang akan kamu beli. Gunakan tanda tambah ataupun kurang di halaman tersebut. Setelah itu, klik Beli Sekarang.

6. Ganti Metode Pembayaran

Inilah cara bayar menggunakan ShopeePay selanjutnya. Untuk semua jenis pesanan, baik beli barang, produk digital, maupun bayar tagihan sama saja. Tampilan halaman checkout tidak jauh berbeda.
  • Cek dulu bagian voucher. Jika kamu punya voucher, biasanya akan digunakan secara otomatis.
  • Kemudian lanjut ketuk Metode Pembayaran.
  • Kalau saldo ShopeePay-mu mencukupi, maka bisa digunakan.
  • Pilih ShopeePay, kemudian klik KONFIRMASI yang ada di bawah.

7. Checkout Pesanan di Shopee


Setelah menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran, kamu bisa melakukan checkout. Cek sekali lagi bahwa data pengiriman yang dimasukkan sudah benar. Berikutnya, ketuk Buat Pesanan yang ada di bawah. Nanti kamu diminta untuk memasukkan PIN ShopeePay.

Cara Top-Up Saldo ShopeePay

Kalau saldo ShopeePay milikmu tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran, harus diisi ulang terlebih dahulu. Top up ShopeePay dapat kamu lakukan di mana saja. Misalkan lewat transfer bank, caranya seperti ini:
  • Ketuk saldo ShopeePay yang ada di halaman awal aplikasi Shopee.
  • Kemudian, pilih menu Isi Saldo.
  • Selanjutnya tentukan metodenya. Kamu bisa pilih Transfer Bank.
  • Tentukan ingin transfer lewat bank apa, lalu KONFIRMASI.
  • Lalu masukkan jumlah saldo yang hendak dibeli, minimal Rp10.000.
  • Tekan tombol OK.
  • Nanti kamu akan dapat kode virtual account yang digunakan sebagai tujuan pembayaran. Segera bayarkan dan saldo ShopeePay akan bertambah.
Begitulah cara bayar menggunakan ShopeePay saat belanja di Shopee. Kamu bisa pakai metode pembayaran tersebut untuk beli dan bayar apa saja. Jika saldo tidak mencukupi, maka top-up terlebih dahulu.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment